expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Kamis, 10 Mei 2012

Penyebab Timbulnya Jerawat



Jerawat timbul karena beberapa faktor antara lain :

  • SIKLUS HORMONAL YANG TIDAK STABIL
Jerawat akan timbul ketika siklus hormonal tidak stabil seperti ketika sedang mengkonsumsi pil/obat tertentu, dimasa kehamilan ataupun saat menstruasi pada wanita, penggunaan pil KB. Terkait dengan aktivitas hormonal pada usia remaja, pada umumnya jerawat dimulai pada usia 10 hingga 15 tahun dan akan hilang ketika memasuki usia 25 tahun, namun sekitar 7% orang, jerawat berlanjut hingga usia 40 tahun, bahkan 50 tahun. Faktor makanan pemicunya, stress dan kurangnya kebersihan kulit yang secara keseluruhannya menimbulkan produksi sebum berlebihan juga menjadi sebab jerawat bermunculan.
  • SEL-SEL KULIT MATI
Jerawat yang timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel kulit bercampur dengan sebum yang meningkat, campuran tebal dan lengket menyebabkan bintik hitam dan putih. Itu sebabnya jerawat bisa muncul dimana saja, seperti bagian punggung, dada dan lengan atas.
  • BAKTERI
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut P.acne, yang cenderung berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar permanen.
  • PRODUKSI MINYAK BERLEBIHAN
Jerawat tidak hanya muncul karena kulit kotor, bisa juga karena faktor kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebih produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab umumnya adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
  • KOSMETIK
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak menyumbat pori-pori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar