expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Search / Pencarian

Memuat...

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Kamis, 12 April 2012

Z-Food formula SmartMastering jaga stamina dan performa burung pleci Zipper


Belum pernah mendangar nama Zipper? Inilah nama burung pleci atau burung kacamata (Zosterops) atau menurut bahasa Melayunya adalah burung mata puteh milik Om Irvan Sadewa. Burung ini pula sudah ditawar Rp. 20 juta tetapi masih juga tidak dilepas oleh Om Irvan, majikan Padepokan SmartMastering Gunung Sempu, Bantul, Yogyakarta.
Tidak mengherankan kalau si pleci Zipper begitu meggiurkan bagi para plecimania. Suara ngerolnya, diselingi tembakan  tajam menyentak, menjadikan Zipper dominan di berbagai event lomba kelas pleci. Belasan kali burung pleci jawa usia 3 tahunan ini menyabet predikat juara I.
Zipper -- Pleci jawara SmartMasteringKeistimewaan lain Zipper adalah kemudahan dalam setelan pakannya, mudah terangsang gacornya, dan semangat tempurnya senantiasa langsung muncul manakala digantang bersama puluhan pleci lainnya di arena lomba. Dalam kondisi puncak, Zipper akan mengeluarkan senjata andalan lagu burung kenari dan cililin serta ngerolan blackthroat.
Berikut ini adalah salah satu hasil rekaman Om Kicau untuk suara burung si pleci Zipper ketika menembakkan tonjolannya. Rekaman diambil pada Senin 17 Oktober 2011 di padepokan SmartMastering Gunung Sempu:
Jika mau download suara burung pleci Zipper, silakan klik ini: Suara Zipper.
Di antara sekitar 30 burung pleci penghuni Padepokan SmartMastering Gunung Sempu, Zipper merupakan salah satu favorit Om Irvan. Meski demikian, rata-rata burung pleci milik Om Irvan memang istimewa. Kenji misalnya, adalah nama burung pleci momongan Om Irvan lainnya yang banyak menebar pesona di berbagai arena lomba kelas pleci.
Memilih pleci
Selain masalah perawatan dan pemasteran, kemonceran Zipper juga dipengaruhi oleh karakteristik bawaan si burung itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum membahas masalah perawatan pleci ala SmartMastering, inilah beberapa tips Om Irvan untuk Anda:
Om Irvan SmartMastering majikan Zipper
Om Irvan SmartMastering majikan Zipper
-Memilih pleci jantan. Membedakan jenis kelamin burung pleci hanya bisa dilakukan dengan membandingkan penampilan fisik jantan-betina. Perbedaan ini kadang tidak terlihat jelas. Body pleci jantan relatif lebih panjang-ramping dan gumpalan bulu ekor di ujungnya membentuk huruf V. Sedangkan untuk ciri kicauannya, pleci jantan bisa ngerol tidak hanya ketika ngriwik, tetapi juga ketika membawakan suara keras. Sementara pleci betina, juga ngerol tetapi hanya ketika ngriwik. Ketika bersuara keras, pleci betina hanya mengeluarkan lagu cing …  cing… cing….
Perawatan Zipper
Bagaimana Zipper bisa moncer dengan suara ngerol menyentak demikian? “Ya biasalah perawatannya. Nggak neka-neka, artinya sama dengan pola perawatan burung pleci pada umumnya,” kata Om Irvan ketika Om Kicau mampir ke padepokannya bersama Om Dwi Lovebird Jogja dan Om Santosa belum lama ini.
Tiap pagi setelah dibersihkan sangkarnya, burung diganti pakan dan minumnya, dijemur sekitar 15-30 menit lantas diangin-anginkan di teras rumah sambil dinikmati kicauannya.
Sangkar dan makanan
Pleci di Padepokan Gunung Sempu biasa dipelihara dengan sangkar kotak dengan ukuran panjang-lebar 40-30 cm dengan tinggi kisaran 50 cm dengan tenggeran atau pangkringan kayu asam diameter 1 cm.
Om Irvan selalu menyediakan buah segar sebagai pakan utama pleci. Pleci adalah burung penyuka buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel, pir, tomat dan beberapa buah lainnya.
Untuk EF (Extra Fooding) atau pakan tambahan biasanya disediakan  kroto (sepekan dua kali sesondok teh) dan ulat hongkong dalam kondisi selesai ganti kulit (masih putih) antara 4-5 ekor. Namun diingatkan bahwa pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung pleci. Sebab ada burung pleci tertentu sudah cukup dua ulat hongkong untuk gacor dan tidak pernah diam. Ada pula yang harus diberi lebih untuk menampilkan performa maksimalnya.
Hal utama lain yang tidak boleh ditinggalkan agar burung pleci bisa menampilkan suara variatif dengan tonjolan khusus adalahpemasteran. Pemasteran untuk burung pleci ala Om Irvan selama ini, khsusunya untuk burung-burung muda, adalah suara-suara kenari, cililin, blackthroat, gelatik wingko dan beberapa suara kecilan tajam lain.
Z-Food: Pakan Zipper sang zopterops
Sama dengan burung lain pada umumnya, pleci memerlukan menu pakan variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya.
Hanya saja, beda dengan kebiasaan burung pada umumnya yang harus diberi pakan secukupnya agar tidak kekenyangan dan tidur, burung pleci perlu dibuat kenyang agar gacor. “Hal ini tidak mengherankan karena proses metabolisme di tubuhnya berlangsung relatif cepat karena burung pleci termasuk burung yang tidak bisa diam di tempatnya. Dia memerlukan energi yang banyak,” katanya.
Om Irvan pun selalu menyiapkan voer untuk burung-burung plecinya. Voer yang diberikan adalah ramuan khusus SmartMastering . Mengapa meramu sendiri? Sebab, menurut Om Irvan, voer di pasaran belum ada yang dianggap cocok dengan sistem metabolisme burung pleci sebagaimana hasil pemantauan Om Irvan selama ini kepada puluhan burung pleci di rumahnya.
Oleh karena itulah Om Irvan selalu menyiapkan beberapa bahan pakan untuk diramu sebagai pakan khusus burung kecil pada umumnya dan pleci pada khususnya. Dengan bahan berupa pakan burung pabrikan yang berkualitas, beberapa campuran bahan nabati, dan serbuk multivitamin-mineral lengkap, jadilah ramuan khusus tersebut.
Pakan burung ramuan Om Irvan SmartMastering berdasar pengalaman segudang dalam penanganan burung kecil itu, sekarang diproduksi dan dipasarkan secara terbatas oleh Om Kicau dengan label Z-Food.
Z-Food dan sebagian dari piagam penghargaan koleksi Zipper di arena lomba burung
Z-Food dan sebagian dari piagam penghargaan koleksi Zipper di arena lomba burung
Label Z-Food (baca: zed-fut) adalah kependekan dari Zopterops Food alias pakan burung pleci dan bisa juga dianggap sebagai kependekan dari Zipper-Food alias pakan yang selama ini menjadi andalan Om Irvan untuk memberi pakan burung pleci Zipper-nya.
Pakan burung ini dikemas dengan aluminium foil dengan berat bersih per kemasan 250 gram, harga Rp. 75.000 (belum termasuk ongkos kirim).
Kandungan di dalam Z-Food  antara lain adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (salah satu bentuk dari vitamin B).
Di dalam Z-Food juga terdapat mineral seperti Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan organ burung pleci melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.
Z-Food bisa untuk burung lainnya
Meskipun secara khusus Z-Food adalah ramuan Om Irvan untuk burung pleci, namun Z-Food bagus juga untuk burung kecil yang memerlukan banyak energi untuk bergerak dan berkicau seperti ciblek, prenjak, manyar, decu, kipasan, cipo atau sirtu, dan sulingan atau tledekan.
Burung-burung kecil seperti saya sebutkan di atas memang termasuk burung banyak gerak ketika berkicau dan dalam aktivitas kesehariannya. Oleh karena itu mereka memerlukan asupan gizi bagus dengan jumlah cukup.
Nah ini dia: Komentar berhadiah
Berkaitan dengan artikel tentang si Zipper dan peluncuran Z-Food ini, untuk Anda pemberi komentar yang relevandengan isi artikel akan disediakan hadiah yang diberikan dengan cara diundi.
Disediakan hadiah untuk 6 pemenang terdiri dari 1 pemenang utama berupa SEEKOR BURUNG PLECI PILIHAN dari Padepokan SmartMastering Gunung Sempu, dan 5 pemenang lain masing-masing satu bingkisan berisi Z-Food ukuran 250 gram.
Ketentuan:
  1. Komentar dituliskan di bawah artikel ini, dengan mengisikan dahulu nama, alamat web (kalau ada, kalau tidak ada dikosongkan saja) dan alamat email.
  2. Komentar boleh berisi masukan, review isi artikel, atau komentar umum tentang isi/ tema yang dibahas dalam artikel. Panjang komentar minimal 2 kalimat. Bebas dari unsur SARA, pelanggaran hukum, promosi, tidak melanggar etika dan kesopanan umum.
  3. Komentar yang alamat email pengirimnya diikutkan dalam undian adalah komentar yang dituliskan sejak artikel ini dimuat hingga tanggal 10 November 2011 pukul 24.00 WIB.
  4. Satu alamat email hanya berhak mendapat satu hadiah.
  5. Ongkos kirim hadiah untuk para pemenang ditanggung Om Kicau. Jika secara teknis pengiriman burung sulit dilakukan, burung bisa dilelang dan pemenang undian mendapatkan uang hasil lelang.
  6. Sistem Pengundian:  Pengundian hadiah dilakukan dalam acara terbuka dan boleh disaksikan siapa saja, dan didasarkan pada alamat email yang valid yang Anda sertakan saat mengisi komentar. Pengundian dilakukan paling lama tanggal 15 November 2011. (Update: Mohon maaf Om semua, untuk pengundian belum bisa dilakukan tanggal 15 November lalu karena ada masalah teknis web [kesulitan masuk/melacak alamat email]. Saat ini sudah klar dan undian akan dilakukan Jumat 25 November 2011. Dan begitu diundi, sehari kemudian kita umumkan).Pengumuman Hasil Undian: Pengumuman pemenang disampaikan melalui blog ini, milis infoburung@yahoogroups.com, atau di forum lain yang memungkinkan.
  7. Ketentuan undian bisa berubah selama tidak merugikan peserta.
Salam plecimania, salam Z-Food, salam dari Om Kicau!!

3 komentar:

  1. kasih lihat donk aksi pleci zipper nya ketika di lapangan atau tempat kontes, pengen lihat semangat fighternya dan kicaunya..tks slam dari pleci tasik untuk om irvan sukses slalu

    BalasHapus
  2. padepokan gunungsempu mbok ngadain latber dong biar pleci naik terus tetap tampil. apa betul pleci sekarang sudah tidak tenar lagi?

    BalasHapus
  3. om kalau pesan cara menghubunginya bagaimana ya(meiselwonk@yahoo.com)

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini