expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Sabtu, 26 Mei 2012

Pleci Pleci Pleci dan Pleci Sharing

1. Ukuran sangkar
Simpan pleci di kandang yg kecil dg 1 tangkringan atau 2 sejajar.
Boleh percaya atau ngga selama 8 taun ane mendidik pleci ane di kandang berukuran 15x15x15cm.. wal hasil walaupun masih ada salto pd saat berkicau atau main di latber bahkan lomba setingkat regional pleci ane berdiri diam di satu titik.

2. Tambah tangkringan
Perhatikan, pleci amat suka dg ketinggian unt mencari deru angin di alamnya nah begitu pula klo di kandang pleci akan banyak menghabiskan waktunya di tangkringan yg berada paling atas. Maka dr itu coba dibalik komposisinya dg memberi satu tangkringan di atas dan 2 di bawah shg membentuk huruf A.

3. Menaikkan volume
Seperti pertanyaan seorang teman, bagaimana jika pleci disimpan di luar dr malam hingga malam..
Itulah yg saya laukan selama ini. Boleh percaya boleh tidak pleci di rumah ane 1x24 jam tanpa krodong sy simpan di luar rumah dr malam hingga malam lagi..
Jangan salah, riset ane selama 2 th..
Udara malam atau subuh 80% dpt membuat pleci duduk di satu tangkringan pd saat main nanti serta suara ngalasnya lebih melengking.
DENGAN CATATAN perhatian khusus harus di berikan kpd burung pleci dg settingan spt yg saya bilang tadi. Contohnya, setiap pulang ngantor atau apa ane pasti mandiin pleci ane dengan dara di embun aja (asal tidak basah bahkan kuyup). Setelah itu kasih kroto dan ulat hongkong secuil. Wal hasil pagi hari udh brisik..
Perawatan yg khusus di hari sabtu dan minggu, bersihin kandang dan mengganti buah dg jenis yg lain supaya PC ga bosen.

4. Pleci harus tetap dipisah
INGAT pleci akan melagu dg merdu UNTUK MEMANGGIL DAN MENCARI KOLONINYA.
Jadi apabila pleci selalu di gantung berdempetan wal hasil sang jendral pun ogah ogahana bunyi krn merasa berada dim satu koloninya. Gak percaya ???
Coba bawa pleci dr obyogan ke rumah. Nah di rumah udah nunggu pleci agan, sekali liat pasti pleci yg sudah lama di rumah akan ngalas atau bahkan akan nembak2 mendengar panggilan pleci baru tadi.
Jadi, digantang rapat perlu, fungsinya unt mengasah mental petarungnya (ngecas) dan membiasakan/memaksakan si PC unt tetap berkicau walau di tengah koloni yg banyak sekalipun. Pemisahan pleci tadi fungsinya unt mengasah suara pleci hingga ngotot, unt mempertahankan mental jendralnya dan menaikkan serta mengolah variasi ngalasnya.
Malam gantung berdekatan paginya gantung terpisah berjauhan atau tak saling lihat. Atau senin hingga jumat gantung berdekatan, sabtu dan minggu gantung berjauhan atau terpisah tak saling lihat.

5. Teng sa teng sin
Jujur ane ngakak bacanya tapi jgn salah, pengaruhnya besar loh buat pleci. Selain sang pleci menjadi terbiasa di bawa2 dan memiliki mental baja, pleci juga jadi lebih cepat duduk dan gacor lho. Kok bisa..?
Pleci itu sering berpindah dr satu tempat ke tempat lain dg kata lain bosen berdiam di situ situ aja.
Coba rumus ini di terapkan dan liat hasilnya. Dua tahun yll ane coba dan benar aja pleci jadi makin bandel asal gantung tempat baru deeerr.. gantung deeerrr..

6. Suka tempat sejuk semilir
Coba cari di mbah google kebiasaan pleci, pleci senang duduk atau bermain di pucuk pohon yg tinggi atau di pohon yg dekat dg aliran dan gumuruh air, knp??? di cina sana sudah di temukan kenapa begitu. Pleci di alam akan berbunyi lantang besar ngalas nembak atau ngisi 80% apabila deru angin menerpanya. Dg kata lain pleci senang berada di tempat sejuk yg berangin atau berderu air.
Nah ane udh pernah coba, jangan bingung juragan, coba tu burung gantang di kamar mandi sambil ngisi keran atau di depan rumah saat angin sepoi sepoi berhembus malah saat hujan pleci akan lebih aktif bersuara,.

7. AWAS KEKENYANGAN
Kekenyangan bisa BERAKIBAT PLECI MACET DAN GA MAU BUNYI. Jangan tergesa gesa ngasih makan pleci gan... perutnya kecil. Kalo bisa satu cepuk cm cukup bwt 1 hari. Coba liat kenapa pleci di luar negri cepuk makannya banyak jumlahnya tp cuma kecil kecil banget. Itu unt menghindari pleci kekenyangan dan over pd saat pmberian EF.

NB : air gula/madu cukup diberikan 1 minggu paling banyak 2 hari saja, krn bisa membuat pleci cepat kenyang wal hasil EF, buah, dan voer ga di makan.

8. Agar PC cepat melagukan isian
Cepat lambatnya tergantung dg type mastering agan sekalian. Semakin dekat type suara sang burung master dg type suara pleci, semakin cepat pula pleci melagukan isian. Semakin jauh type suaranya dan rumit, masteran pleci semakin butuh waktu panjang juga unt menirukan/melagukan isian.
Sekedar saran, unt mastering pakai saja ciblek, branjangan, celilin, prenjak, kenari, kolibri, dan burung burung yang memiliki karakter tembakan 1 jalur..

17 komentar:

  1. trims gan tipsnya ane udah coba and hasilnya bagus gan lanjutkan perjuanganmu

    BalasHapus
  2. maknyus gan sarannya..., kayaknya ini lebih berbobot.


    BalasHapus
  3. 24 jam pleci ane juga diluar rumah gan.hasilnya memang bagus :D
    Makin brisik aja

    BalasHapus
  4. klo milik ane di luar rumah tanpa kerodong kasian, soalnya banyak nyamuknya takut digigit nyamuk.. Hehehe

    BalasHapus
  5. Om..plecinya klaw mlm d gantang d bawah langit-langit ap d atas teras..

    BalasHapus
  6. Tapi gan klo buat latber ada cara khusus g om biar pc mau ngeplok tanpa menghiraukan yang lain ?

    BalasHapus
  7. ane punya pleci/kecial lombok gan, udah ngeroll, tapi masih jarang bunyinya padahal ane baru 3 bulan melihara ntuh pleci, resep makanan yang ane kasi juga simple gan cuma voer,pisang kepok ama tomat terus kalo malem ane sering mandiin dan di taruh di dalem rumah (mandiinnya di dalem ruang tertutup), kalo subuh ane keluarin (pengembunan),hasilnya,pagi pagi jagoan ane udah konser

    BalasHapus
  8. Mantap surantappp..

    Mau tanya om2,mengatasi pleci yg jenuh tu gmana ya? Aku punya 9 pc,n skrg jarang bunyi. Tpi klo dbwa ktmpal lain tetep bunyi. Gk mungkin kan ane bawa 9 burung tuk jalan2

    BalasHapus
  9. stlah cari referensi sana sini.. akhirnya mantep mo plihara pleci juga..
    'makasi artikelnya :)

    BalasHapus
  10. Ane baru ngejoss pleci kang, dari pasar burung... Buinyinya merdu dan halus, baru tau juga pleci bisa ngerol kaya manuk gereja... Namun Ane bingung, sampe rumah Kenapa pleci ga mau makan, maunya cuma kroto aja? Buah jg ga dimakan, apalagi voer mohon petunjuknya ?

    BalasHapus
  11. Ane baru ngejoss pleci kang, dari pasar burung... Buinyinya merdu dan halus, baru tau juga pleci bisa ngerol kaya manuk gereja... Namun Ane bingung, sampe rumah Kenapa pleci ga mau makan, maunya cuma kroto aja? Buah jg ga dimakan, apalagi voer mohon petunjuknya ?

    BalasHapus
  12. Om kalau malam dijejerkan kalau pagi diembunkan sebentar terus kalau siang tak jejerkan lagi boleh nggak soale kerja om

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak boleh mas, nanti kwalat dan dosa lho,, ndak bisa masuk sorga ntar plecinya

      Hapus
  13. Gan guwe punya pleci kalo di ces malah ngriwik sambung ngalas tapi pendek,, gmna itu penjelasannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pertanda si cow lg birahi,tempel agak lama trus di jauhkan.ntar si cow bakal ngriwik kasar,ngplong klo udah lama di rawat.

      Hapus