expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Jumat, 24 Februari 2012

sistem pencernaan pada manusia


Dr.drh.Bayyinatul Muchtaromah,M.Si

Jurusan BIOLOGI UIN Malang

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Bagian 2)

Proses Pencernaan
Proses penceranaan makanan yang terjadi dalam tubuh manusia terjadi secara mekanik dan kimiawi. Zat makanan yang mengalami proses pencernaan adalah karbohidrat protein dan lemak.
Dibawah ini penulis akan mencoba menjelaskan tentang proses pencernaan.
Proses Pencernaan Karbohidrat
Karbohidrat yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, tentunya tidak begitu saja secara langsung diserap oleh tubuh melalui dinding usus untuk selanjutnya masuk ke peredaran darah, melainkan harus dipecah dahulu menjadi persenyawaaan yang lebih sederhana, dan hal tersebut melalui suatau proses yang disebut daaengan proses pencernaan karbohidrat.
Dalam proses pemecahan karbohidrat kompleks tersebut menjadi senyawa yang lebih sederhana akan terlibat beberapa enzim, misalnya enzim pengubah pati –amilase,ataua ptyalin, dan enzim enzim pengubah disakharida—disakharidase. Monosakharida merupakan karbohidrat yang biasanya dapat melewati usus halus. Didalam mulut , makanan yang dikonsumsi akan dikunyah sampai lumat. Karbohidrat yang diperoleh mempunyai kandungan zat pati dan zat gula(malthosa-sukrosa-laktosa). Deangnadanya amylase (=ptialin) yangbercampur dengan makanan didalam mulut,pati dengan bantuan air ludah / saliva akan diubah menjadi dekstrin. Dengan terdapatnya asam klorida (HCl) yang diproduksi lambung, sebelum makanan bereaksi asam, pati sebesar mungkin akan diubah menjadi disakharida.
Selanjutnya makanan yang telah dikunyah masuk ke usus dandinding usus yang mempunyai kelenjar yang mengeluarkan enzim amylase atau enzim pengubah pati akan berlangsung pemecahan pati menjadi disakharida. Didalam usus berlangsung pemecahan:
  1. sukrosa———-fruktosa + glukosa, oleh enzim intestinsukrase
  2. maltose———-glukosa + glukosa, oleh enzim intestinal maltase
  3. laktosa ———galaktosaa+glukosa, oleh enzim intestinal laktosa
kemampuan pencernaan karbohidrat didalam tubuh tergantung pada tidak terganggunya alat-alat pencernaan dan sumbernya, apakah berserat,berbiji dan sejenisnya, biasanya bervariasi antara 90%-98%, namun kalau sumbernya berserat maka daya cerna akan menurun sampai 80%-85%.
Proses pencernaan lemak
Lemak yang dihasilkan makanan yang sudah dikunyah dalam mulut menunjukkan bentuk lemak yang : telah teremulsi (emulsied fat) dan belum diemulsi (unemulsied fat), lemak yang belum diemulsi dalam lambung dengan bentuan empedu akan diubah menjadi lemak yang sudah teremulsi dan selanjutnya bersama-sama dengan lemak yang teremulsi akan masuk dalam uss halus.
Didalam usus halus itu lemak yagteremulsi dengan bantuan enzim intestinal lipase dan pencreatik lipase akan diubah kedalam 3 struktur yang lebih sederhana, jelasnya sebagai berikut:
  1. dipecah menjadi —asam lemak dan gliserol 40%-50%
  2. dipecah menjadi— monogliserid 40%-50%
  3. dipecah menjadi —gliserida, trigliserida,10%-20%
Adapun kemampuan alat-alat pencernaan dalam mencerna lemak yang terdapat dalam tubuh adalah bervariasi,sanagt tergantung pada kesehatan tubuh. Pada tubuh yangbenar-benar sehat sekitar 95%-100% lemak yang dapat dicerna, penggumpalan-penngumpalan lemak tidak terjadi. Lama berlangsungnya proses pencrnaan lemak sangat bergantung pada panjang pendeknya rantai (jumlah atom karbon) dalam molekul asam lemak.
Proses pencernaan protein
Pemecahan protein menjadi bentuk yang sederhana (asam amino) tidak lain agar dapat diserap melalui dinding usus, masuk ke peredaran darah dan disampaikan ke jaringan tubuh. Sama halnya dengan karbohidrat dan lemak, zat ini baru akan bisa diserap ketika sudah dipecah menjadi zat-zat yang lebih sederhana.
Enzim pengubah protein, menurut penelitian para pakar, ternyata tidak terkandung dalam saliva, dengan demikian peronbakan terhadap protein (ikatan peptida) tidak terjadi didalam mulut melainkan untuk pertama kalinya dirombak dalam lambung. Dalam lambung, media atau cairan lambung yang asam sangat membantu dan mempermudah pepsin (protease lambung) bekerja melakukan perombakan rantaian khusus ikatan peptide dari asam amino yang rantainya pendek yang disebut pepton. Selanjutnya sebagian protein yang sudah dicerna masuk kedalam usus, disini ditemukan bahwa media yang asam dari cairan lambung telah dinetralisasi menjadi sedikit alkalis dan disini pula diketahui bahwa cairan pancreas mengandung dua macam enzim pengubah protein, yaitu protease pankreatik (tripsin dan chimotripsin) sekitar 30 % protein dirombak menjadi asam amino sederhana yang langsung dapat diserap oleh usus.
Setiap 70% lagi dari protein dipecah menjadi dipeptida, tripeptida yyang terdiri atas lebih asam amino. Enzim proteolitik lain yang berkemampuan memecah protein yaitu carboxy peptidase, amino peptidase. Enzim pengubah protein bersifat hidrolotik—memerlukan air pada perombakan atau pelepasan asam amino. Proses pencernaan karbohidrat lemak atau protein menjadi susunan yang lebih sederhana dimaksudkan agar  zat tersebut siap diserap melalui dinding usus dan masuk dalam darah (peredaran darah). Penyerapan atau absorption zat-zat makanan tadi sebbagian besar dilangsungkan didalam usus halus kecuali air yang diserap didalam usus besar. Absorpsi tidak selamnya berlangsung mulus hal ini ddikarenakan adanya faktor yang mempengaruhi yang dapat menghambatnya, yang tentunya akan berakibat pada gangguan kesehatan tubuh.
Diantara faktor tadi yang penting adalah: (a) rangsangan (iritasi), dalam hal ini yaitu rangsangan yang menyebabkan gerakan-gerakan kuat dari usus, akibatnya dapat menghambat penyerapan (b) kurang aktifnya produksi empedu yang diperlukan kurang cukup tersedia, akiibatnya dapat menghambat penyerapan lemak (c) Tersedianya forro yang lebih siap diserap dari ferri. (d) Tersedianya vitamin C dan vitamin E yang dapat mempertinggi menyerapan Fe (zat besi). (e) Kurang tersedianya vitamin D ternyata kurang baik bagi kelancaran penyerapan kalsium. (f) Adanya parasit, dapat menimbulkan hambatan dalam penyerapan, terutama mineral Fe.
Mekanisme penyerapan tersebut melalui dua cara yaitu (1) Proses penyerapan melalui system pori-pori, (proses pasif difusi) yang berlangsung menurut hukum keseimbangan osmosa dan difusi yang dalam proses ini diketahui bahwa zat-zat makanan akan didistribusikan dari konsentrasi yang lebih tinggi ketempat yang konsentrasinya lebih rendah. (2) Proses penyerapan aktif difusi (proses transportasi) yang tergantung pada adnya energy atau energy transport yang dependen, yang lazim pula diknal sebagai mekanisme pompa (pumps mecanisme) dengan prinsip agar zat-zat makanan yang telah dicerna dapat melewati dinding usus.
Jenis Makanan
Secara umum makanan yang kita utuhkan aharus terdiri dari karbohidrat, protein,lemak, garam mineral, vitamin serta air. Berikut ini penjelasannya:
Karbohidrat : karbohidrat merupakan sumber energy bagi tubuh manusia, segala macam karbohidrat bersal daridari tumbuh-tumbuhan. Jumlah karbohidrat yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh faktor jenis kelamin, usia, pekerjaan dan kesehatan.karbohidrat dan lemak dapat disimpan oleh tubuh, setiap 1gram karbohidrat menghasilkan 4,1 kalori bagi tubuh kita. Dalam tubuh karbohidrat akan dicerna menjadi gula sederhana ( glukosa, fluktosa dan galaktosa ) yang akan diserap kedalam darah. Karbohidat merupakan senyawa majemuk yang terdiri dari C ( carbon ) H ( hydrogen ) O ( oksigen ) .karbohidrat disimpan dalam tubh sebagai glikogen. Glikogen sebagian disimpan diotot dan hati sebagaian kecil ikut peredaran darah sebagai glukosa.
Protein : merupakan bahan makanan yang berfungsi sebagai penghasil kalori, membangun sel-sel jaringan baru, mengganti jaringan sel-sel yang sudah rusak, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesimbangan asam basa dalam tubuh.orang dewasa memerlukan 1 gram protein untuk setiap kg berat badannya pada anak-ankanya jumlah ini harus ditambah. Protein merupakan senyawa majemuk yang mengandung unsur C,H,O,N kadang kadang mengandung sulfur (S) dan posfor (F).setiap 1gram protein menghasilkan 4,1 kalori dalam tubuh. Kebutuhan protein dapat dipenuhi dengan sumber hewani dapat juga melalui sumber nabati/hewani.didalam tubuh protein mengeluarkan sneyawa yang mengandung nitrogen melalui ginjal atau usus besar.
Lemak : lemak berfungsi sebagai penghasil kalor yang besar, karena setiap 1gram lemak menghasilkan 9,3 kalori dalamtubuh, selain itu lemak juga berfungsi sebagai pembangun sel-sel tertentu, pelarut berbagai jeni vitamin ( A, D, E, K ) , pelindung tubuh pada suhu yang rendah,dan pelindung alat-alat tubuh “ bantal lemak”. Terlemak terdiri atas asam lemak dan gliserin, dalam proses pencernaan, butir-butir lemak diubah menjadi emulsi lemka oleh garam empedu, kemudian dicerna menjadi asam lemak dan gliserol. Dalam lemak juga trdapat senyawa fosfatid yang merupakan senyawa asam lemakgliserin, kolin, dan asam fosfat yang berfungsi unutk mengatur timbunan lemak dalam tubuh. Fosfatid terdapat dalam kuning telur, otak dan urat syaraf.sedangkan sterol merupakan zat activator, yaitu senyawa yang dibutuhkan dalam jumlah kecil tetapi penting, sama halnya seperti hormon dan vitamin.pada daerah tropis lemak yang dibutuhkan,5-1 gram lemak per kg berat badan, sumber lemak berasal dari hewan (lemak daging, keju, mentega ,susu,ikan basah,minyak ikan dan telur) dan tumbuh-tumbuhan( bah kelapa, kemiri kacang-kacangan, buah advokat ).
Garam mineral, garam mineral sangat dibuthkan oleh tubuh, garam mineral masuk melalui makanan yang telah kita makan. Berikut adalah garam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh        :  Kalium ( K ) dan magnesium (Mg diperlukan untuk pengerutan otot)kalium didalam plasma dan natrium (Na) diperlukan untuk pertukaran gas.natrium dan ion-ion tertentu diperlukan untuk hantaran rangsangan pada sel saraf.
Kalsium (Ca)diperlukan untuk pertumbuhan tulang, gigi, penggumpalan darah, dan mempengaruhi proses penerimaanrangsang otot dan syaraf. Fosfor (P) sama seperti kalsium dibutuhkan untuk pembentukan matriks tulang, juga unutk pembentukan fosfatiod, proses pengerutan otot,dan pembentukan zat. Besi (Fe) merupakan komponen dalam enzim pernafasan dan komponen hemoglobin. Flour(F) diperlukan untuk menguatkan gigi, Yodium (I)
Vitamin , dalam tubuh dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun sangat penting unutk proses berlangsungnya metabolism. Vitamin dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu : (1) Vitamin yang larut dalam air : B dan C (2) Vitamin yang tidak dapat larut : A,D,E dan K.
Pustaka
Kartasapoetra,G dan Marsetyo.1995.Ilmu Gizi.PT.Rhineka Cipta. Jakarta
Lehninger.1994. Dasar-dasar Biokimia. Erlangga. Jakarta
Wirahadikusuma, Muhammad. 1985. Biokimia :Metabolisme Energi, Karbohidrat dan Lipid. ITB Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar