expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Kamis, 16 Februari 2012

sumber lemak

Ada tiga macam sumber utama lemak dalam makanan yaitu :

- Lemak yang tidak kelihatan adalah ; lemak yang secara alamiah terdapat dalam bahan makanan. Bahan makanan yang mengandung tinggi lemak tidak kelihatan adalah : daging, telust, biji-bijian dan kacang-kacangan.

- Lemak kasat mata adalah :
Lemak yang terlihat oleh mata biasa, seperti : minyak goreng, gajih atau minyak jeroan, margarin dll.

- Lemak yang ditambahkan adalah :
Lemak yang secara komersial ditambahkan kedalam makanan, seperti : pastry, ice cream. Pie, cake ( kue ), atau makanan yang digoreng.


Kolesterol adalah satu turunan lemak. Bila kadar kolesterol dalam tubuh cukup, maka zat ini sangat berguna bagi tubuh untuk menjalankan fungsi beberapa organ tubuh seperti empedu, hormin, prekursor vitamin D, dan menggerakan fungsi beberapa organ lainnya. Kolesterol sendiri dapat dibuat oleh tubuh manusia, zat ini juga terdapat dalam beberapa bahan makanan. Apabila mengkomsumsi bahan makanan mengandung kolesterol dalam darah cenderung akan meningkat. Dan kolesterol berlebihan akan mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bahan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah : kuning telur, hati, otak, paru, usus, kepiting, kerang-kerangan.

Jadi informasi ini sangat penting bagi kita.



Setelah karbohidrat, lemak merupakan sumber energi kedua. Dalam 1 gram lemak, menghasilkan energi 9,3 kalori.
Dalam kehidupan manusia, lemak digolongkan menjadi dua kelompok
1. Lemak nabati (lemak yang berasal dari tumbuhan)
Sumber lemak nabati : minyak kelapa, minyak kacang, minyak jagung, minyak wijwn, margarine, kemiri, kelapa dan lain lain.
2. Lemak yang berasal dari hewan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lemak hewani.
Sumber lemak ini : lemak sapi, lemak babi, lemak kambing minyak ikan, mentega, susu, keju dan lain lain.
Apakah fungsi dari lemak?
Selain sebagai sumber energi, lemak juga berfungsi untuk melarutkan vitamin A, D, E dan K dalam tubuh manusia. Lemak berfungsi melindungi tubuh yang halus, sebagai contoh oragan ginjal dan lain lain.
Terlalu banyak lemak akan menyebabkan tubuh menjadi gemuk sedangkan, jika anda kekurangan lemak akan menyebabkan kekurangan tenaga serta penurunan berat badan. Tubuh kita menyimpan lemak di bawah kulit sebagai cadangan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar