expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Rabu, 16 November 2011

CHECK KEASLIAN BLACKBERRY SEBELUM MEMBELINYA



Sapa yang gak kenal Blackberry ?? bahkan udah jadi trend baik di kalangan muda maupun tua. Perangkat komunikasi nirkabel ini memang sedang booming.

Selain sebagai simbol prestise, perangkat besutan RIM ini memang mengusung berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh perangkat komunikasi lainnya.

Bahkan saking booming nya, perusahaan-perusahaan perangkat seluler berlomba lomba untuk menerbitkan produk mereka yang di buat semirip dengan blackberry, malah tak ayal produsen dari negeri tirai bambu pun membesut perangkat yang di buat ampir sama namanya yaitu "BLUEBERRY".

Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat blackberry, ada baiknya calon pembeli mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara untuk mengecheck keaslian blackberry yang akan di beli nya.

Periksa kode IMEI dan PIN Perangkat
IMEI dan PIN pada blackberry biasanya terdapat pada FIRMWARE HANDLED, dus dan stiker yang tertempel pada baterai. Cara untuk melihat IMEI dan PIN, pada tampilan homescreen anda klik option lalu pilih status, tekan tombol Shift+ALT+Hsecara bersamaan. Makan nomer PIN dan IMEI akan tampil, dan bila perangkat tersebut asli/original, seharusnya PIN dan IMEI yang tampak akan sama persis dengan PIN dan IMEI yang tertera pada stiker luar.

Perhatikan Logo dan Dus
Dus Blacberry biasanya mencantumkan stiker identitas handheld dan hak paten. Biasanya ada logo operator seluler berbagai negara. Meski terdapat logo lain negara, jangan khawatir karena Blackberry masih bisa dipakai bila koneksi tak terkunci alias unlock. Ingat, logo di layar LCD harus sama dengan logo yang ada di body.


Check Internal Data
Cek Lifetime pada option dan status, ketik BUYR. Data lifetime menampilkan angka Nol bila Blackberry Anda masih baru. Jika yang muncul Exceeding 120K dan Voice Usage Exeeding 60 Minutes,sebaiknya pikirkan terlebih dahulu untuk membelinya, karena blackberry itu sudah dipakai maksimal

Untuk lebih jelasnya berikut ini saya sampaikan beberapa cara untuk mengecheck tentang kondisi blackbarry baik baru maupun second, sebelum anda sebagai user memutuskan untuk membelinya :

1. Status apakah benar2 Brand New in Box (baru),
  • dari OPTION > STATUS
  • Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan BUYR
  • akan tampil Data Usage dan Voice Usage
  • jika data Usage melebihi 250K (exceeded 250K), sudah dapat dipastikan bukan barang baru
  • jika keterangan voice Usage: melebihi 1 Minute, sudah dapat dipastikan bukan barang baru
Keterangan:
Tips ini sebenarnya tips paling gampang diakali (dengan melakukan wipe JL_COMMAND maka data tereset nol kembali), namun sebagai user, kita bisa mengecheck secara cepat dengan cara ini untuk seller yang tidak mengerti blackberry yang mereka jual kepada kita.

2. Status apakah UNLOCK/LOCKED
  • dari OPTION > Advanced Options > SIM CARD
  • ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan MEPD
  • pastikan seluruh value status: SIM, network, network subset, service provider, Corporate dalam kondisi DISABLED
  • jika ada yang ENABLED, atau bahkan semuanya ENABLED, berarti status LOCKED
Keterangan:
Nah, ini adalah cara untuk mengetahui apakah blackberry yang kita beli dalam status LOCKED atau UNLOCKED, salah satu saja option berisi ENABLED, berarti Blackberry anda dalam kondisi LOCKED dan kemungkinan tidak bisa menggunakan SIMCARD telko disini. Memang bisa diunlocked, dengan membeli kode unlockednya, namun berarti anda harus mengeluarkan dana tambahan.

3. Untuk check seluruh kondisi fisikal dan fungsi blackberry (butuh waktu banyak),
  • Dari OPTION > STATUS\
  • Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan TEST
  • Jalankan semua test (centang) dan NEXT.
Keterangan:
jika waktu anda banyak, anda dapat melakukan pengecheckan seluruh fungsi dari blackberry, mulai dari fungsi keypad, trackball dan suara, biasanya kalau seluruh test PASS, berarti blackberry anda dalam kondisi FIT (tidak bermasalah).

4. Check IMEI
Untuk check IMEI, ketikan *#06#, nanti akan muncul 15 digit angka, contoh : 4 3 4 5 6 6 1 0 6 7 8 9 4 3 5 . Nah lihat pada digit ke 7 dan digit ke 8 :
  1. bila digit ke 7 & 8 adalah angka 02 atau 20, maka perangkat tersebut di rakit oleh pabrikan yang berasal dari Asia, perangkat ini memiliki kualitas paling jelek dari rakitan pabrikan yang lain.
  2. bila digit ke 7 & 8 adalah angka 08 atau 80, maka perangkat tersebut di rakit oleh pabrikan di German, perangkat ini memiliki kualitas moderate, atau umum, atau dalam kata lain "Biasa"
  3. bila digit ke 7 & 8 adalah angka 01 atau 10, maka perangkat tersebut di rakit di Prancis, perangkat ini memiliki kualitas Bagus
  4. bila digit ke 7 & 8 adalah angka 00, berarti perangkat tersebut di rakit diSwedia, dimana perangkat tersebut memiliki kualitas Terbaik diantara perangkat yang berasal dari pabrikan yang lain
Nah, sekarang anda sebagai calon pembeli telah memiliki pegangan dalam menentukan suatu perangkat blackberry yang akan anda beli tersebut original atau tidak, dan bagaimana kualitasnya. 

Semoga sedikit tips dan trick ini bisa membawa arti bagi kita sebagai enduser dari suatu produk yang saat ini lagi booming, Blackberry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar