expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Sabtu, 21 April 2012




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga agar kita dapat terus bertahan hidup di dunia ini. Kesehatan sangatlah penting, karena kesehatan itu tidak dapat dibeli dengan uang. Kita sendirilah yang harus bertanggungjawab atas kesehatan kita. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga secara teratur. Selain olahraga, pola hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan.
Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.   Olahraga dibagi menjadi 2 macam, yaitu olahraga aerobik dan olahraga anaerobik. Olahraga aerobik adalah olahraga yang dilakukan secara terus-menerus dimana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi tubuh. Sebagai contoh olahraga aerobik adalah gerak jalan cepat, jogging, lari, senam, renang, dan bersepeda. Sedangkan olahraga anaerobik adalah olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh. Sebagai contoh angkat besi, lari sprint 100 M, tenis lapangan, dan bulu tangkis.

B.    Permasalahan
Olahraga anaerobik sering dipakai oleh para atlet olahragawan untuk meningkatkan masa otot dan olahraga yang sifatnya non-endurance, seperti angkat beban untuk meningkatkan masa otot. Pada makalah ini akan membahas perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh manusia yang diakibatkan olahraga anaerobik.

C.    Tujuan penulisan
Tujuan pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan olahraga dan memberikan pengetahuan pada para mahasiswa dan masyarakat tentang perubahan –perubahan yang terjadi pada tubuh manusia karena olahraga anaerobik.
BAB II
PEMBAHASAN

1.    Olahraga
Olahraga menurut hakekatnya adalah aktivitas otot-otot besar yang menggunakan energi tertentu untuk meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan pengertian olahraga menurut Maladi yaitu proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan, dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh rekreasi, kemenangan, dan prestasi puncak dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila. Olahraga dibagi menjadi 2 macam, yaitu olahraga aerobik dan olahraga anaerobik.

2.    Olahraga Anaerobik
Olahraga Anaerobik adalah olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh. Ketika terjadi pertukaran energi dalam jaringan tubuh Anda tanpa menggunakan oksigen, ini adalah proses anaerobik.
Ini berarti bahwa latihan anaerobik menyebabkan proses anaerobik dalam tubuh  dan ini akan menjelaskan mengapa latihan ini dilakukan untuk jangka waktu yang singkat. Latihan anaerobik sangat intensif dan ketat dan orang dapat merasa benar-benar terkuras keluar baik secara fisik dan mental setelah sesi latihan.
Ada banyak latihan anaerobik tapi yang paling umum pada daftar latihan anaerobik adalah angkat berat, melompat dan berlari. Namun, bahkan latihan yang intensitas yang tinggi, tetapi dilakukan untuk waktu singkat adalah latihan anaerobik. Daftar latihan anaerobik juga mengandung melempar lembing, lompat jauh, lompat tinggi, menembak, melempar palu, push up dan pull up.
Biasanya atlet yang menjadi non-olahraga daya tahan melakukan latihan anaerobik. Latihan ini memungkinkan mereka untuk membangun otot dan kekuasaan. Dengan melakukan latihan anaerobik, para atlet memastikan bahwa otot mereka dapat melakukan lebih baik dalam kegiatan intensitas tinggi berlangsung selama durasi waktu yang singkat.
Ketika melakukan latihan anaerobik, anda mendorong tubuh anda untuk batas dan selama waktu ini, paru-paru tidak mampu memasok oksigen otot-otot anda butuhkan. Jadi, tubuh anda melakukan tanpa oksigen dan hanya bisa melakukannya untuk waktu yang singkat. Selama waktu ini, tubuh Anda akan menghasilkan asam laktat, yang merupakan alasan mengapa Anda mendapatkan kram dan otot-otot Anda merasa lelah. Anda harus istirahat, untuk menyingkirkan asam laktat membangun dan otot-otot anda menggunakan oksigen untuk mengisi energi yang digunakan.
Latihan anaerobik akan mempercepat metabolisme Anda dan ini akan terus bahkan setelah anda berhenti berolahraga. Namun, manfaat utama dari latihan anaerobik adalah kemampuannya untuk membangun otot yang lebih kuat.
Ketika melakukan latihan anaerobik, energi yang tersimpan dalam otot akan dgunakan sebagai sumber.
Ketika anda melakukan latihan anaerobik, bersiaplah untuk merasa lelah secara fisik dan psikologis karena latihan ini sangat berat dan menuntut pada tubuh. Latihan anaerobik membantu untuk membangun kekuatan otot dan persendian Anda dan Anda akan dapat melakukan kegiatan yang memerlukan kekuatan otot tanpa merasa tegang. Ini berarti bahwa kinerja Anda akan meningkat untuk kegiatan yang membutuhkan kekuatan otot.
Selain itu, latihan anaerobik juga berguna untuk meningkatkan kecepatan. Hal ini terutama diperlukan oleh orang-orang yang selalu bergerak seperti sepak bola atau pemain tenis. Latihan anaerobik ini memungkinkan atlet untuk mengerahkan lebih sebelum mereka dapat benar-benar ban keluar.
Ketika melakukan latihan anaerobik, penting untuk beristirahat antara dua sesi latihan sehingga tubuh memiliki cukup waktu untuk memulihkan dan membangun asam laktat dalam tubuh. Jika tidak mengikuti ini, akan menyebabkan lebih banyak ruginya daripada baik untuk tubuh. Dan ingat, dalam rangka untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan anaerobik, Anda tidak boleh melakukan latihan lebih dari tiga hari dalam seminggu.
Biasa melakukan latihan anaerobik akan mempengaruhi kinerja aktivitas anda untuk menjadi lebih baik dan anda akan senang bahwa Anda mulai dengan latihan-latihan ini setelah anda melihat tingkat performa anda meningkat.
3.    Pembakaran selama latihan anaerobik
Saat latihan anaerobik kita membakar karbohidrat dan sedikit protein selama latihan rutin. Secara ilmiah, dalam 10 detik pertama dari latihan anaerobik, akan membakar simpanan ATP (Adenosin trifosfat). Setelah itu, tubuh membuat lebih ATP oleh mendobrak karbohidrat yang hadir melalui proses yang dikenal sebagai glycolosis anaerobik.
Ketika melakukan latihan anaerobik, tubuh membutuhkan energi dan energi ini dihasilkan melalui dua jalur utama - sistem dan phosphagen sistem laktat.
Dalam sistem phosphagen, kreatin fosfat digunakan untuk suplai energi. Ini adalah sistem yang memenuhi kebutuhan sejumlah besar energi ketika diperlukan cepat. Namun, energi ini juga menghabiskannya secepat itu diproduksi.
Sistem yang laktat juga merupakan sumber energi yang cepat tetapi tidak dapat menghasilkan secepat sistem phosphagen. Namun, energi ini berlangsung lebih lama dari sistem phosphagen energi. Ini dapat bertahan selama 2 sampai 3 dan diproduksi melalui proses yang dikenal sebagai glycolosis anaerobik. Ketika glycolosis anaerobik terjadi, asam laktat adalah bi-produk yang ketika diproduksi dalam jumlah yang cukup memperlambat glycolosis.
Selama proses latihan anaerobik, glukosa bersama dengan lemak dan protein dipecah. Baik glycolosis anaerobik dan sistem phosphagen bekerja sama dengan satu sama lain tetapi satu sistem selalu berakhir menyediakan lebih banyak energi daripada yang lain dan itulah yang menentukan apa yang Anda bakar selama latihan anaerobik.




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Olahraga Anaerobik adalah olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh. Ketika terjadi pertukaran energi dalam jaringan tubuh Anda tanpa menggunakan oksigen, ini adalah proses anaerobik.
Saat melakukan latihan anaerobik tubuh akan menjadi sangat lelah Karena latihan ini termasuk latihan yang sangat berat dan menuntut pada tubuh. Selain itu latihan ini juga dapat memperkuat otot dan persendian sehingga dapat meningkatkan kinerja pada kegiatan dengan kekuatan otot, dapat juga untuk menambah kelincahan dan kecepatan.
Saat melakukan latihan anaerobik, tubuh kita membakar karbohidrat dan sedikit protein selama latihan rutin. Secara ilmiah, dalam 10 detik pertama dari latihan anaerobik kita, kita akan membakar disimpan ATP (Adenosin trifosfat). Setelah itu, tubuh Anda membuat lebih ATP oleh mendobrak karbohidrat yang hadir melalui proses yang dikenal sebagai glycolosis anaerobik.
Jadi perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh manusia yang diakibatkan olahraga anaerobik antara lain : Menambah masa otot untuk latihan beban, sedangkan untuk latihan lari dapat meningkatkan kecpatan, kelincahan, kekuatan otot, dan persendian.










DAFTAR PUSTAKA

•    http://www.dunia-kesehatan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=79%3Aapa-itu-olahraga&catid=52%3Akebugaran&Itemid=29
•    http://www.bloggaul.com/budidoank/readblog/78314/olahraga
•    http://wulanjani.wordpress.com/2010/01/27/pengertian-olahraga-menpora-maladi/
•    http://www.scumdoctor.com/Indonesian/fitness-tips/anaerobic-exercises/Anaerobic-Exercise-And-Oxidative-Stress.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar