expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Selasa, 03 April 2012

Pentingnya ION dalam tubuh

Ion sangat besar fungsinya bagi tubuh. Ahli nutrisi dari Sehati Emmilia E. Achmadi Msc menyebut, ion tubuh merupakan bahan bakar yang mengaktifkan seluruh rangkaian anggota tubuh. “Untuk bergerak dibutuhkan ion. Kalau tak ada ion maka tak ada setrum dan otomatis seluruh anggota tubuh akan shut down” jelasnya. Emmilia menjelaskan bahwa ion harus terus menerus diganti setiap hari karena selalu terbuang tiap kali kita beraktivitas.
            Ion yang ada dalam tubuh antara lain natrium, kalium, kalsium. Semuanya sangat dibutuhkan tubuh. Natrium merupakan ion positif yang dominan dalam cairan ekstraseluler. Volume cairan ekstraseluler diatur keseimbangannya melalui mekanisme homeostasis. Fungsi natrium bagi tubuh antara lain membantu mempertahankan keseimbangan air, asam dan basa dalam cairan ekstraseluler, sebagai bahan penyusun dari cairan (getah) pankreas, empedu, dan keringat, berperan penting dalam kontraksi otot dan fungsi syaraf, dan memainkan peranan khusus dalam penyerapan karbohidrat.

            Kalium dalam makanan dan dalam tubuh ditemukan dalam bentuk ion K+, baik dalam larutan maupun dalam bentuk garam. Fungsi kalium bagi tubuh antara lain untuk pertumbuhan sel, membantu banyak reaksi biokimia seperti pelepasan energi dari makanan, sintesis glikogen dan protein, mengatur tekanan osmotik dalam sel dan mengontrol distribusi air antara cairan intraseluler dan ekstraseluler, menjaga keseimbangan asam-basa, dan berpenting dalam transmisi impuls syaraf, ikut dalam proses pelepasan insulin dari pankreas, bersama magnesium (Mg2+) berperan penting dalam relaksasi otot yang merupakan lawan dari stimulasi otot oleh Ca2+.
            Dalam tubuh, kalsium, dalam bentuk ion Ca2+, merupakan ion logam yang paling banyak dan merupakan unsur kelima yang paling melimpah dalam tubuh (setelah H, O, C, dan N) baik berdasarkan atom maupun berdasarkan bobotnya. Lebih dari 90 persen kalsium terdapat dalam tulang dan email gigi.
            Kalsium di butuhkan dalam proses metabolisme tubuh, transmisi saraf, pengaturan detak jantung, kontraksi otot, membantu proses pembuahan, mempercepat pembentukan darah, mengaktifkan sistem pertahanan tubuh dan masih banyak lagi lainnya.


Sumber : http://sehatnews.com/mobile/berita/3950-Ragam-Manfaat-Ion-Tubuh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar