expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Berbagi Informasi Sharing,Curhat(FIK,Universitas Negeri Malang IK 2010 )

Anda pengunjung blog nomer

jadi yg pertama diantara teman temanmu

Rabu, 18 April 2012

Beda Ngerol , Ngalas , & Ngeplong Pleci

*. Ngriwik adalah: Mereplay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Lagu yang di replay burung umumnya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di Auditory Memori (otak) burung tersebut. Fase ini biasanya digunakan burung sebagai kesempatan untuk belajar meng-aransemen lagu dengan baik dan harmonis. 
*. Ngalas adalah istilah untuk kemampuan burung Pleci melagukan suara kicauan asli burung Pleci seperti di habitatnya  Ngalas adalah suara ngerol asli PC terdiri dari suara ciw yg rapat disambung2 dalam tempo yang cepat, nada naik turun cenderung ditarik-tarik bergulung-gulung panjang/ropel/roll Untuk memperjelas seperti apa suara pleci yg ngalas,  berikut dilampirkan link video suara pleci ngalas yang diupload oleh Om Tiger Wong di youtube::  http://www.youtube.com/watch?v=RydQ-MdUY2w&feature=related
 *. Ngerol adalah kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1. Istilah ngeroll diterapkan pada PC yang mampu melagukan kicauan panjang tanpa terputus-putus..biasanya PC ngeroll pada saat dia melagukan macem2 lagu isian. Ngeroll pada PC juga ada beberapa type 
 *. Ngeplong adalah istilah untuk burung yang berkicau dengan lantang dan keras dengan volume suara yang relatif besar. Burung PC yang sudah ngeplong ngalas…….kadangkala dia mau “ngriwik” jika kondisinya enjoy….ngriwik inilah akan keliatan nyanyian isian-isian yang dia bisa merespon saat dari muda, kadang” jika sudah interest banget ngriwiknya sambil teler-teler………..Nah, kalau selama mudanya tidak pernah merespon suara-suara burung lain…..ngriwiknya ya ngalas nya sama dengan dia bunyi ngalasnya saat ngeplong…..Jadi semuannya tergantung dari kepandaian PC itu sendiri.
 * Satu lagi adalah bunyi dasar pleci yaitu “ nada call “, cuit – cuit, pilih bahan yg mengeluarkan “ nada call “ yg doble, tripel, dst…“ nada call “ setiap jenis pleci berbeda, jadi kalau jenis dada kuning “ nada call “ nya harus sama dengan dada kuning lain, tidak bisa sama dengan yang dada putih,  jenis montanus, dll… TAHAPAN SUARA BURUNG PLECI. Tahapan suara pleci mulai dari bakalan : ngriwik/middletone disertai teler suara pelan – middletone nglagu/mengeluarkan irama lebih jelas dan lebih keras dibandingkan suara ngriwik – middletone nglagu keras di akhir ngerollnya dalam satu lagu mulai di ikuti buka paruh ngalas pendek – mulai ngalas buka paruh pendek diulang-ulang beberapa kali – ngalas panjang buka paruh full diulang beberapa kali – ngalas buka paruh full diikuti nglagu isian panjang dengan juga buka paruh – ngalas & nglagu full buka tanpa ngatup suara kenceng panjang. ngeplong = berkicau dengan buka paruh tapi masih berupa suara tembakan pendek ngalas = suara asli pleci berupa suara tembakan dan irama asli di alamnya. (kalo boleh dilafalkan tsi..tsi..tsi..tsuit…..) Middletone/ngriwik = suara dalam berupa irama lagu pleci dilakukan dengan paruh masih mengatup (biasanya lagu isian/masteran “imitation” dari burung lain) Ngeroll = lagu kicauan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan intonasi tertentu membentuk rangkaian lagu bisa berupa suara ngalas/lagu isian/masteran. Ngeroll teler = suatu bentuk karakter type gaya pleci dalam berkicau, kebanyakan biasa dilakukan pada saat fase middletone dengan teler suara pelan…kalaupun menemukan jenis karakter pleci yang memiliki gaya teler (layaknya AM) dan mau berkicau ngalas/suara isian dengan buka paruh penuh dan volume kenceng…bisa dikatakan pleci tersebut sangat istimewa…apalagi di sertai dengan “open tail/buka sayap & ekor”

1 komentar: